Rabu, 28 Juni 2017

SOAL TUGAS 6



SOAL TUGAS 6
BAB : 6

Nama : Gupron
Program : MI_Sore_S1
STMIK ( Web Information Technology ) 

1.      Sebutkan perbedaan antara landasan teori dengan studi pustaka 
2.      Jelaskan antara sistem pelayanan perpustakaan secara tertutup dan terbuka 
3.      Sebutkan sumber – sumber yang terdapat didalam perpustakaan 
4.      Sebutkan sumber bacaan yang terdapat didalam perpustakaan 
5.      Buatlah pedoman dalam menyususun daftar pustaka yang baik dan benar

Jawab :
1.      Sebutkan perbedaan antara landasan teori dengan studi pustaka
a.       Landasan Teori : Landasan teori merupakan teori yang relevan yang digunakan untuk menjelaskan tentang variabel yang akan diteliti dan sebagai dasar untuk memberi jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diajukan (hipotesis), dan penyusunan instrument penelitian. Teori yang digunakan bukan sekedar pendapat dari pengarang atau pendapat lain, tetapi teori yang benar-benar telah teruji kebenarannya.
Dalam landasan teori ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu : (1) nama pencetus teori, (2) tahun dan tempat pertama kali, (3) uraian ilmiah teori, (4) relevansi teori tersebut dengan upaya peneliti untuk mencapai tujuan atau target penelitian (Hadi Sabari Yunus, 2010 : 226) Sumber : https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/09/24/landasan-teori-penelitian-2/
b.      Studi kepustakaan adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, litertur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan.”(Nazir,1988: 111).
Studi Kepustakaan yaitu mengadakan penelitian dengan cara mempelajari dan membaca literatur-literatur yang ada hubungannya dengan permasalahan yang menjadi obyek penelitian.

2.      Jelaskan antara sistem pelayanan perpustakaan secara tertutup dan terbuka
a.       Sistem tertutup : pada sistem pelayanan tertutup, pembaca tidak dapat langsung kerak buku untuk memilih buku atau bacaan lainnya, Pembaca hanya dapat mengetahui koleksi yang ada diperpustakaan melalui katalog, sipembaca mencatat nomor buku atau literatur yang diinginkan
b.      Sistem terbuka : Jika perpustakaan menganut sistem pelayanan terbuka, si pembaca dapat langsung menuju ke rak buku biasanya susunan rak buku berdasarkan topik samapai menemukan bahan yang di cari, Resiko bagi perpustakaan dengan sistem terbuka adalah tidak adanya jaminan bahwa buku atau bahan – bahan lainnya tidak akan hilang dan terbawa oleh si pembaca.

3.      Sebutkan sumber – sumber yang terdapat didalam perpustakaan
1). Kartu Katalog Perpustakaan
Salah satu kunci untuk mengetahui bahan bacaan apa saja yang ada pada sebuah perpustakaan adalah kartu katalog, kartu ini tidak lain dari sebuah indeks yang mengurutkan semua publikasi yang dipunyai oleh sebuah perpustakaan, Tiap kartu katalog berisi nama pengarang, judul publikasi, edisi, kota penerbit, nama penerbit, dan tahun
2).  Buku Referensi
Buku referensi ini dapat berisi uraian singkat atau penunjuakan nama dari bahan bacaan tertentu, Buku referensi pada perpustakaan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
a.       Yang memberikan informasi langsung jenis referensi yang memeberikan langsung adalah kamus, ensiklopedia, buku statistik dll.
b.      Yang memberikan petunjuk pada sumber informasi . Selain dari buku referensi yang langsung memeberikan petunjuk informasi maka ada lagi buku referensi yang tidak memeberikan informasi langsung tetapi memberikan petujuk tentang sumber informasi seperti : Jurnal indeks, & Jurnal Abstrak

4.      Sebutkan sumber bacaan yang terdapat didalam perpustakaan
a.       Buku teks adalah tulisan ilmiah yang dijilid rapih yang diterbitkan dengamn interval yang tidak menentu
b.      Jurnal adalah majalah ilmiah yang berisi tulisan ilmiah atau hasil – hasil seminar yang diterbitkan oleh himpunan profesi ilmiah, Biasanya diterbitkan 3 bulan sekali.
c.       Periodical adalah majalah ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh lembaga – lembaga baik pemerintah ataupun swasta yang berisi tentang hasil penelitian yang dikerjakan
d.      Yearbook adalah buku – mengenai fakta – fakta dan statistik setahun yang diterbitkan tiap tahun oleh lembaga pemerintah atau swastayang membahas suatu maslah bidang ilmu
e.       Buletin adalah tulisan ilmiah pendek yang terbit secara berkala yang berisi catatan – catatan ilmiah yang biasa dikeluarkan oleh lembaga negara atau himpunan profersi ilmiah tiap buletin biasanyaberisi mengenai hasil penelitian.
f.       Leaflet adalah berisi karangan kecil yang sifatnya ilmiah praktis diterbitkan oleh lembaga  Negara atau swasta dengan interval tidak tetap.

5.      Buatlah pedoman dalam menyususun daftar pustaka yang baik dan benar
1.      Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan alfabet, berturut-turut dari atas ke bawah, tanpa menggunakan angka arab (1,2,3, dan seterusnya).

2.      Cara penulisan daftar pustaka sebagai berikut:
a. Tulis nama pengarang (nama pengarang bagian belakang ditulis terlebih dahulu, baru nama depan)
b.  Tulislah tahun terbit buku. Setelah tahun terbit diberi tanda titik (.)
c. Tulislah judul buku (dengan diberi garis bawah atau cetak miring). Setelah judul buku diberi tanda titik (.).
d.  Tulislah kota terbit dan nama penerbitnya. Diantara kedua bagian itu diberi tanda titik dua (:). Setelah nama penerbit diberi tanda titik 

3. Apabila digunakan dua sumber pustaka atau lebih yang sama pengarangnya, maka sumber dirilis dari buku yang lebih dahulu terbit, baru buku yang terbit kemudian. Di antara kedua sumber pustaka itu dibutuhkan tanda garis panjang.

4. Untuk penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet ada beberapa rumusan pendapat :
Menurut Sophia (2002), komponen suatu bibliografi online adalah:
a.     Nama Pengarang
b.    Tanggal revisi terakhhir
c.     Judul Makalah
d.    Media yang memuat
e.     URL yang terdiri dari protocol/situs/path/file
f.     Tanggal akses

Contoh Daftar Pustaka :

Sumber buku bahasa indonesia
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional. Bandung : Remaja Rosda.
Baradja, M.F. 1990. Kapita Selecta Pengajaran Bahasa. Malang: Penerbit IKIP Malang.
Damono, Sapardi Joko. 1979. Novel Sastra Indonesia Sebelum Perang. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sumber internet
Hermans, B., 2000, Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch, [online], (http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.htm, diakses tanggal 25 Juli 2008 )
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan . (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id , diakses 20 Januari 2000)

Artikel dalam koran:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majpahit Pos , hlm. 4 & 11.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL TUGAS 6

SOAL TUGAS 6 BAB : 6 Nama : Gupron Program : MI_Sore_S1 STMIK ( Web Information Technology )  1.       Sebutkan perbed...